Syarat dan Cara Mendapatkan NUPTK baru

NUPTK- Nomer Unik Pendidik & Tenaga Kependidikan saat ini menjadi hal yang sangat harus dan mutlak dimiliki oleh setiap pendidik maupun tenaga kependidikan. Bagaimana tidak?, selain sebagai salah satu syarat utama guru agar bisa mengikuti sertifikasi NUPTK juga berguna untuk mendapatkan berbagai tunjangan, baik tunjangan fungsional, kualifikasi pendidikan maupun tunjangan-tunjangan yang lain. Tidak sedikit pendidik dan tenaga kependidikan yang tidak bisa mengikuti sertifikasi atau tidak mendapatkan tunjangan karena belom memiliki NUPTK. 

Proses Penerbitan NUPTK Baru
Nomer Unik Pendidik & Tenaga Kependidikan

Penerbitan NUPTK Baru

Jika sebelumnya penerbitan NUPTK dilaksanakan oleh BPSDMPK-PMP mellalui aplikasi PADAMU NEGERI yang dulu sempat membuat kita para OPS merasa capek karena harus mengerjakannya secara online dan dihadapkan pada server yang kurang maksimal, namun menurut sumber yang bisa dipercaya menjelaskan penerbitan NUPTK yang akan datang menjadi hak dan tanggung jawab PDSP, sedangkan proses penerbitan NUPTK baru PDSP akan mengambil data dari DAPODIK yang sudah berjalan selama empat generasi, dan sekarang menjadi salah satu-satunya pendataan dalam dunia pendidikan, sesuai dengan slogannya, satu nusa satu bangsa satu bahasa satu data. Berikut gambar alur proses penerbitan NUPTK baru yang akan datang :

Alur Penerbitan NUPTK Baru
Alur Penerbitan NUPTK Baru

Data Yang digunakan Untuk Penerbitan NUPTK Baru

Seperti yang sudah saya informasikan diatas, bahwa penerbitan NUPTK baru akan menjadi tugas dan wewenang PDSP dengan pertimbangan data yang diambil dari Dapodik, adapun data yang akan diambil oleh PDSP dari dapodik adalah sebagai berikut : 
  1. Riwayat Mengajar PTK
  2. Nomer SK Pertama
  3. Tanggal SK Pertama
  4. Keaktifan PTK
Sedangkan untuk penerbitan NUPTK dari Kemenag, kami belom mendapatkan informasinya. demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai penerbitan NUPTK yang akan datang. Selalu pantau data anda yang berada di Dapodik, jangan lupa konfirmasi dan koordinasikan dengan Operator di sekolah anda. Semoga informasi ini bermanfaat dan sebarkan biar semakin bermanfaat.

Subscribe to this Blog via Email :

silahkan tulis komentar anda, boleh menaruh satu link aktif dengan catatan bukan situs dengan conten dewasa agar komentar anda tidak kami hapus.